21 Agustus 2009

Meningkatkan Kinerja Chipset Intel 965 Di Ubuntu

Di site berikut dijelaskan untuk menigkatkan performance dari chipset intel 965 ini dengan cara :

$ sudo gedit /etc/X11/xorg.conf

Ubah menjadi seperti ini :

Section "Device" Identifier "Configured Video Device" Option "AccelMethod" "UXA" Option "MigrationHeuristic" "greedy" EndSection

Lebih jelas bisa lihat disini : http://www.ubuntu.com/getubuntu/releasenotes/904

Tapi menurut saya tidak bagitu banyak berpengaruh :), mudah-mudahan nanti ada update lagi dari pihak ubuntu agar performance nya bisa sama kembali seperti ubuntu 8.04.

Oh iya ternyata chipset intel 965 ini di ubuntu 9.04 dalam compiz fusion masuk dalah daftar hitam :), di back list secara default.

Jadi untuk mengaktifkan compiz fusion harus mengikuti cara berikut :

Di File: /usr/bin/compiz

Saya rubah dibaris T="$T 8086:2a02 " # Intel GM965 to
T="$T 8086:2a02 " # Intel GM965

Bug yang kedua, yaitu masih terjadi di program editor web, yaitu kompozer. Namun dapat diatasi dengan menginstall Kompozer versi 0.8.2a. Dimana versi aslinya dari ubuntu masih 7.10

Untuk mendownload Kompozer 0.8.2a silahkan download disini.

Untuk openoffice nya sudah versi 3.0.1, tapi saya masih merasa seperti versi 2.4 :) (masa masih ada quickstarter nya), akhirnya karena saya tidak puas, openoffice saya ganti dengan versi download langsung dari site openoffice.org. Saya rasa install openoffice langsung dari download dari site openofficenya lebih cepat dari pada bawaan ubuntu 9.04 nya.

Untuk email, karena saya pakai Kmail milik KDE, terasa lebih lambat dari Kmail milik Ubuntu 8.04. Mungkin karena KDE 4.2.2 yang baru dan tidak begitu berjalan singkron dengan Gnome nya.

Oh iya karena saya pakai versi ubuntu 9.04 64bit, maka software diluar yang ada di repository harus cari juga yang versi 64bit nya :), atau kalau mau install dari source baru bisa.

Mungkin itu dulu sharing saya mengenai Ubuntu 9.04.

ShoutMix chat widget